Saturday, March 8, 2014

Astri Ivo


Nama lahir Astrie Feizaty Ivo
Nama lain Astri Ivo
Lahir 21 September 1964
Pekerjaan aktris
Tahun aktif 1971 - sekarang

Astrie Feizaty Ivo adalah artis di zaman tahun 1980-an yang mulai berkarier semenjak kecil. Ibunya, Ivo Nilakreshna juga seorang penyanyi ternama di era tahun 1960-an.

Astri yang berdarah Minangkabau-Aceh ini menikah dengan Dariola Yusharyahya yang merupakan adik dari aktris Zoraya Perucha. Pernikahannya membuahkan tiga putra yaitu Kevin Arighi Yusharyahya, Adrio Faresi, dan Riedo Devara. Selama berkarier di dunia perfilman, wanita yang memakai jilbab sejak tahun 2000 ini sempat menjadi pelakon utama dalam film Bunga Cinta Kasih, Tabah sampai Akhir, serta Boni dan Nancy.

Beberapa tahun terakhir Astri yang juga merupakan alumnus sebuah universitas di Jerman ini lebih banyak menjadi presenter yang kerap muncul di layar televisi. Utamanya dalam berbagai acara yang bernuansa keagamaan. Hal ini dilakoninya selama beberapa tahun seiring seiring kesadarannya dalam mendalami ilmu agama Islam. Kemudian meningkat menjadi ustadzah dan pendakwah di berbagai tempat. Salah satunya tampil rutin setiap pagi di sebuah stasiun televisi swasta nasional.

Aci, demikian panggilan akrabnya, juga pernah menulis buku berjudul Cantik Sepanjang Usia yang dirilis di Arena Islamic Book Fair, Senayan pada Maret 2006.

Aktris Astri Ivo mengaku senang oleh semakin banyak perempuan yang menutup aurat, sembari menyebut persepsi bahwa jilbab itu kuno sebagai salah besar.

“Jilbab itu selalu up to date lho kalau tahu ilmunya. Kan diperintahkan dalam Al-Quran yang sudah diturunkan dari dulu dan berlaku sampai nanti. Tidak lekang oleh waktu,” kata dia dalam talkshow hijab di Jakarta, Senin.

Munculnya komunitas hijabers di Indonesia ditanggapi positif Astri, namun dia mengingatkan untuk mengimbangi semangat berjilbab dengan memperkuat ilmu agama.

“Semangat tinggi harus diikuti ilmu. Jangan sampai amal shalih jadi amal salah,” selorohnya.

Dia juga mengatakan bahwa perempuan beriman adalah orang yang gaul.
“Gaul banget karena nggak cuma dibicarakan sama penduduk bumi, tapi juga penduduk langit. Didoakan juga oleh malaikat.”

Meski usianya hampir memasuki angka 50 tahun, namun penampilan Astri Ivo terbilang tampak muda. Wajahnya tak banyak berubah. Wanita berdarah Aceh-Minangkabau ini memang tampak menggemaskan di depan kamera. Ditambah dengan bakat akting yang ia miliki, Astri bersinar di era tersebut.

Penampilannya dalam 'Samiun dan Dasima' misalnya, membuat para juri Festival Film Indonesia (FFI) terkesima. Ia pun akhirnya dinobatkan sebagai Pemain Cilik Terbaik FFI tahun 1971.

Sejak itu, lebih dari sepuluh judul film telah ia bintangi. Bagi Astri, meski saat itu usianya masih terbilang amat muda, ia tak menjadikan berbagai perannya di layar lebar sebagai beban. Lahir dari seorang ibu yang juga dikenal sebagai penyanyi ternama di era 60-an, Astri mengungkapkan bahwa dunia seni memang tak begitu saja bisa ia lepaskan.

“Gimana ya, saya merasanya berkesenian itu memang sudah menjadi bagian dari hidup saya selama ini. Jadi, sampai dewasa pun saya menikmati berakting di depan kamera,” ujarnya.


Sumber :
http://id.wikipedia.org
http://www.dakwatuna.com
http://hot.detik.com

No comments:

Post a Comment